Refnil Yetti

nama saya Refnil yetti yang lahir 3 Maret 1972 anak ketiga dari 5 bersaudara dari pasangan Pak Syarkawi dan ibu Nurhida (almh) saya memiliki kakak laki dan pere...

Selengkapnya
Navigasi Web
BIOTEKNOLOGI (Tagar 4)

BIOTEKNOLOGI (Tagar 4)

BIOTEKNOLOGI

Pembelajaran hari materinya Boiteknologi, kalau melihat dari judulnya kita berfikiran ini ilmu baru, tapi sebetulnya Bioteknologi sudah ada sejak dahulu kala atau dari zaman nenek moyang kita, namun orang dahulu tidak memikirkan namanya, tapi mereka hanya memikirkan bagaimana apa yang dilakukan dapar bermanfaatnya bagi kehidupan manusia. Untuk itu pada hari ini kita akan membahas tentang Bioteknologi.

1. Pengertian Bioteknologi

2. Macam macam Bioteknologi

3. Produk Bioteknologi konvensional dan modern serta makhluk hidup yang berperan.

Itulah bajan diskusi kami hari ini. Dari perjalanan diskusi akhirnya kami dapat menyimpulkan:

1. Bioteknologi adalah: pemanfaatan prinsip-prinsip metode ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk ataupun jasa guna kepentingan manusia, atau lebih jelasnya Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan makhluk hidup agar menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

2. Macam macam Bioteknologi.

a. Bioteknologi konvensional yaitu bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme tanpa mengubah genetiknya, mudah dilakukan, tidak membutuhkan biaya yang tinggi, dan penggunaan makhluk hidup secara langsung penggunaan enzim.

b. Bioteknologi modern yaitu menghasilkan produk atau jasa dengan memanipulasi atau rekayasa DNA dengan memanfaatkan dasar mikrobiologi dan biokimia.

3. Produk bioteknologi konvensional

NO

PRODUK

BAHAN MAKANAN

MIKROORGANISME

1

Tempe

Kedelai

Rhizopus oligosporus

2

kecap

Kedelai

Aspergilus wentii

3

Taoco

Kedelai

Aspergilus oryzae

4

Keju

Susu

Lactobacillus vulgaris

5

Mentega

Susu

Streptococcus lactis

6

Yoghurt

Susu

Streptococcus thermophiles

7

Oncom

Bungkil kacang

Monillia sitophilla

8

Tape

Ketela pohon atau beras ketan

sacharomycescerevisceae

9

Bir

Sari buah

Saccharomyces ellipsoida

10

asinan

Kubis

Lactobacillus

Itulah hasil pembelajaran hari ini bersama siswa. Semangat diskusi mereka membuat pembelajaran hari ini cukup menarik.

Sumber: Buku IPA 9

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap.bu

22 Jan
Balas



search

New Post